Rabu, 23 Mei 2018

Pos Pelayanan Perbaikan & Perawatan Rumah Aditeam

Oleh: Selamet, sahabat Aditeam

Tampak Depan Pos & Toko Aditeam
Masalah yang ada di kita
Selama ini apabila kita butuh memperbaiki rumah, semisal memperbaiki atap  bocor, kamar mandi bocor, tegel keramik lepas, dinding warnanya pudar dan kotor, pintu yang tidak dapat dikunci, listrik yang mati karena konslet, closet yang macet tidak bisa gelontorkan airnya, washtafel yang mampet,  kita menghadapi situasi yang susah susah gampang untuk membereskannya. Bisa gampang kalau keluarga kita punya kenalan tukang, atau tukang langganan. Kita tinggal telpon minta datang agar membantu kita membereskan persoalan tersebut. Kita membeli material ke toko bangunan dan si tukang mengerjakannya. Itupun kalau kebetulan si tukang lagi bisa, tidak lagi pulang kampung atau lagi kerja disuatu tempat. Menjadi lebih sulit lagi bila kita tidak punya kenalan tukang, kita tidak tahu bagaimana caranya mencari dan menemukan  tukang. Tanya ke teman atau tetangga yang punya kenalan tukang, atau menunggu kalau sekiranya ada tukang yang sedang kerja di rumah tetangga atau meminjam tukang pada proyek bangunan sekitar,  kita bisa minta tolong untuk mengerjakan perbaikan rumah. Syukur syukur kita bisa segera menemukan  tukang untuk dapat membereskan masalah kita, kalau tidak bocor semakin parah, rumah semakin rusak, hidup jadi tidak nyaman dan mengurangi kualitas hidup kita.

Tukang Tradisional
Itu baru gambaran tentang bagaimana kita mencari dan menemukan tukang yang dapat membantu memperbaiki rumah kita. Yang selanjutnya bisa jadi lebih rumit masalahnya adalah bagaimana tukang ini mengerjakan perbaikan rumah kita. Kalau tukang yang kita dapat adalah tukang langganan kita atau tukang langganan keluarga kita yang sudah tahu bagaimana kerja dan kualitas hasil pekerjaannya, mungkin akan beres dan baik baik saja. Tapi kalo tukang yang kita dapat adalah tukang yang baru kita kenal, yang kita belum tahu kemampuannya, kualitas hasil kerjanya seperti apa dan juga tidak tahu kelakuannya, kita masuk dalam situasi yang tidak pasti dan untung-untungan saja. Kerja tukangnya nanti bisa lambat tidak kelar kelar, kerjanya ngobrol melulu, merokok melulu, banyak omong dan sok tahu, kerjanya jorok, lebih-lebih lagi kerjanya juga hasilnya tidak beres, tidak rapi, atap yang diperbaiki saat datang hujan masih pada bocor. Untuk pekerjaan yang harus dikerjakan dalam beberapa hari, nanti tiba-tiba tukang tidak datang dengan alasan sakit, ada masalah ini dan itu, mendadak minta pulang kampung dulu karena ada masalah, pekerjaannya masih belum beres dan berantakan seperti kapal pecah. Masih lebih baik kalau disaat tidak datang si tukang bilang, bisa jadi tiba-tiba menghilang ditinggal kabur.

Kita mempekerjakan tukang kalau itu harian kita harus memantau dan mengawasi baik cara kerjanya, maupun hasil kerjanya.Itu effort tersendiri buat kita, butuh perhatian dan menyita waktu yang sangat sulit kita mengaturnya.  Kalau kerjanya lambat kita jadi bayar lebih besar, kalau terjadi kesalahan dan menjadi 2 kali kerja biaya lebih boros dan nanti apabila setelah selesai ternyata masalah utama seperti bocor atap, bocor kamar mandi, bocor pipa dan konsleting listrik masih belum beres kita harus panggil lagi untuk memperbaiki masalah dan pekerjaan yang sama dan kita harus bayar lagi sesuai jumlah hari si tukang mengerjakannya. Kalau kita panggil tukang dan dikerjakan secara borong upah, total biaya  upahnya ditaksir didepan, berapa totalnya dan disepakati, kemudian untuk bahan kita beli sendiri ditoko bangunan,  kita tinggal mengawasi kualitas hasil kerjanya, tidak perlu khawatir waktu pengerjaan yang  molor, pengerjaan berjalan lambat karena biaya upah telah dikunci atau dipatok didepan.

Kelihatannya  hanya tinggal  satu persoalan yang akan menjadi masalah, yaitu kualitas hasil kerjanya, tapi ancaman lainnya secara naluriah si tukang harus bekerja secepat-cepatnya agar bisa dapat untung atau setidaknya menghindari kerugian akibat salah taksir,  resiko cuaca hujan dan patner kerjanya yang bekerja lambat. Situasi yang kontradiktif antara capaian kuantias dan kualitas bagi si tukang. Tukang akan segera bersiap untuk kabur apabila setelah pekerjaan dijalani dan merasa dia akan rugi atau pekerjaan lebih berat dari perkiraannya dia akan tiba-tiba tidak datang, menghilang, dan kabur. Yang terakhir akan terjadi peristiwa buruk penuh konflik emosi dan kemarahan  akan muncul apabila hasil kerja ternyata tidak beres, komplain tidak ditanggapi dan tidak di bereskan. Pada akhirnya hal-hal tersebut justru akan memberikan masalah baru bagi kita. Rasa marah, kecewa, lelah, sakit hati dan putus asa.

Menjawab masalah kita
Diatas adalah gambaran dari keadaan kita saat membutuhkan perbaikan dan perawatan rumah. Kita menghadapi situasi yang susah-susah gampang, tidak pasti dan  tidak ada jaminan. Kita hanya bisa tergantung pada para tukang, yang keberadaannya tidak jelas, kemampuannya tidak pasti dan tidak memberikan jaminan atas pekerjaannya. Teknologi bahan-bahan bangunan memang berkembang cukup pesat, kemajuan peralatan bisa saja canggih, tapi pengelolaan dan pengerjaan untuk perbaikan dan perawatan rumah masih berlangsung secara tradisional, berdasarkan kebisaaan dari jaman dulu sampai sekarang, seadanya dan sedapatnya.
Apabila kita sakit kita bisa datang ke puskesmas atau kerumah sakit.
Apabila motor atau mobil kita rusak kita datang kebengkel motor atau  bengkel mobil.
Kalau televisi, radio ,cd, pc, laptop,  atau alat elektronik kita rusak kita bisa datang ke pusat-pusat servis atau reparasi elektronik yang telah ada.
Kita membutuhkan sesuatu, ada tempat yang melayani kita untuk mendapatkan atau memenuhi kebutuhan kita.

Kita mendapatkan masalah bisa datang  ketempat yang dapat melayani kita untuk membereskan masalah. Itulah kemajuan, itulah zaman modern yang segala kebutuhan kita dapat dijawab dan dipenuhi oleh peradaban kita  secara professional dan bermartabat. Tapi  sekarang apabila kita membutuhkan pelayanan perbaikan dan perawatan rumah, kita bisa datang kemana…???

Ini semua adalah  persoalan yang berusaha di jawab oleh Aditeam.

Aditeam yang telah berkecimpung di bidang rancang bangun rumah tinggal sejak tahun 2001 berusaha mewujudkan suatu tempat yang dapat dituju, didatangi dan dihubungi oleh kita semua untuk mendapatkan pelayanan perbaikan rumah tinggal. Tempat tersebut berwujud, Pos Pelayanan Perbaikan dan Perawatan Rumah.

Tampak Luar Pos & Toko Aditeam

Tampak Dalam Pos & Toko Aditeam
Aditeam Pelopor Pelayanan Perbaikan dan Perawatan Rumah
Aditeam mulai membuka pos pertamanya di wilayah Duren Tiga Jakarta Selatan, yaitu di Jl. Raya Pasar Minggu no 2 pada pertengahan  April 2018 . Pembukaan Pos Pelayanan didahului oleh adanya pelayanan dengan mobil pelayanan yang dimulai sejak Oktober 2015. Jauh sebelum itu untuk pelayanan perbaikan dan perawatan rumah telah dirintis sejak April 2007 dengan layanan  Aditeam Care yang memberiikan layanan perbaikan dan perawatan rumah secara  terbatas untuk klien dan rumah-rumah yang dibangun oleh Aditeam. Kini melalui Pos Pelayanan perbaikan dan Perwatan rumah, Aditeam memberikan pelayanan secara luas dimasyarakat. Sesuai visinya yaitu Pelayanan Perbaikan dan Perawatan Rumah yang Profesional, Handal, Terpercaya Mitra Keluarga Indonesia.  Aditeam berharap dapat memberi jawaban atas permasalahan  yang ada  dengan  menawarkan model baru  pelayanan perbaikan dan perwatan yang dikelola secara modern dan professional. Dalam kepeloporan  ini Aditeam  membangun bentuk, prosedur serta isi model pelayanan baru ini. Satu sifat  yang menjadi prinsip dasar pelayanan adalah profesionalisme , ini adalah sifat yang mengubah dan sekaligus membedakan dengan yang ada di masyarakat dari jaman dulu  dan yang masih berlaku sampai sekarang ini yaitu dengan ketukangan tradisional atau kebisaaan sejak jaman dulu. Selain itu pengelolaan secara modern dan kekinian juga menjadi bentuk pengelolaan dari pos pelayanan perbaikan dan perawatan rumah Aditeam. 

Teknisi Aditeam
Aditeam  Profesional Handal Terpercaya Mitra Keluarga Indonesia
Untuk mewujudkan visi Aditeam Profesional, Handal, Terpercaya, Mitra keluarga Indonesia, dan mensukseskan setiap misi kerja perbaikan dan perawatan rumah Aditeam melakukan berbagai hal diantaranya :
  1. Menyediakan fasilitas pos dengan dilengkapi  toko yang layak dan nyaman untuk di              kunjungi.
  2. Menyediakan sdm, para supervisor dan teknisi yang terorganisir dengan baik, berkompeten dan siap sedia melayani.
  3. Fasilitas pendukung workshop kerja, kayu, kerja kerajinan besi dan pengecatan finishing.
  4. Fasilitas training center yang memastikan kompetensi tim  memenuhi syarat dan terus dapat ditingkatkan.
  5. Fasilitas pendukung mess yang terpadu dengan workshop dan training center.
  6. Fasilitas kendaraan yang memastikan pelayanan dilaksanakan dengan cepat.
  7. Menjalankan mekanisme operasional kerja yang terstruktur,terjadwal,  sistematis, efektif  dan efisien.
  8. Melandasi bekerjanya tim dengan SOP standart operating procedure
  9. Memberikan panduan bekerjanya tim dengan SPQ standart product  quality
  10. Administrasi yang memastikan pelayanan dilakukan dengan benar, terjadwal, lancar,        teratur, tertib dan aman.


Dalam operasional kerja Aditeam memiliki konsep kerja yang spesifik, yang dirumuskan dengan istilah 3 pilar kerja pelayanan Aditeam dengan filosofi meja berkaki 3. Yaitu, Handling, Workmanship & Product Quality.
  1. Handling, dimana supervisor melakukan penanganan pekerjaan secara menyeluruh. Penanganan pekerjaan membutuhkan kompetensi yang utamanya adalah soft skill. Supervisor mengawal, mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan urusan sampai beres,  memastikan proses dan target kerja tercapai dan menjamin hasilnya merupakan  produk berkualitas .
  2. Workmanship, tim teknisi mengerjakan dirumah klien. Para teknisi yang bekerja  dengan skillful dan helpful, tangkas, tekun dan cermat.
  3. Product Quality, tujuan akhirnya adalah kualitas produk atau hasil kerja yang bekualitas. Setiap level kualitas ditentukan oleh seberapa kuat komitmennya, Attitude Aditeam mengarah pada komitmen yang kuat dalam mencapai level kualitas yang ditentukan.
3 Pilar Kerja Pelayanan Aditeam
3 hal tersebut merupakan satu kesatuan  pelayanan yang merupakan proses sekaligus isi  yang  tak terpisahkan dan tidak boleh gagal salah satunya, seperti meja dengan 3 kaki, satu kaki patah atau hilang maka robohlah meja tersebut. 3 hal tersebut adalah tantangan Aditeam dalam usaha mencapai layanan professional handal dan terpercaya. Untuk mencapainya Aditeam membangun tim supervisor dan tim teknisi yang handal dan berkompeten. Tim supervisor dan  teknisi Aditeam  direkrut, diseleksi dengan berbagai persyaratan kompetensi, hard skill, soft skill, pengetahuan, dan sikap/karakternya. Dibina, di briefing, diberikan pelatihan, diatur, diorganisir, dikontrol serta diasuransikan agar dapat berkinerja tinggi guna memberikan pelayanan yang optimal dan tercapainya layanan Professional, Handal & Terpercaya.

Mudah, Pasti dan Bergaransi
Selain 3 pilar kerja pelayanan, Aditeam juga menetapkan 3 ciri pelayanan Aditeam, yaitu Mudah, Pasti dan Bergaransi. Penjabaran dari 3 ciri pelayanan Aditeam sebagai berikut:
  1. Mudah, berkebalikan kalau sebelumnya kita susah-susah gampang cari tukang untuk membereskan perbaikan rumah kita, sekarang jadi mudah. Apabila kita perlu membereskan perbaikan dan merawat rumah, kita tinggal datang ke pos Aditeam kita bicarakan, diskusikan, kita dapat solusi dan dilanjutkan dengan pengerjaan oleh Aditeam, masalah jadi beres. Kalau tidak sempat ke pos Aditeam tinggal menghubungi lewat telepon, Whatsapp atau kirim email. Aditeam akan merespon dan mengatur semuanya. Sehingga masalah membereskan perbaikan dan perawatan rumah jadi mudah.
  2. Pasti, berbeda dengan sebelumnya apabila kita memakai tukang yang tidak jelas kemampuannya dan hasil kerjanya, apabila menggunakan layanan Aditeam semuanya jadi pasti. Prosesnya pasti, terjadwal dengan pasti, teratur, tertib, cara dan metode kerjanya betul, dikerjakan sesuai SOP dan berhasil sesuai SPQ Aditeam.
  3. Bergaransi, Tidak seperti sebelumnya apabila kita memakai tukang pada umumnya, apabila ternyata ada persoalan, kegagalan pekerjaan yang mengakibatkan hasil pekerjaan tidak berfungsi dengan baik, tidak tercapai tujuan pekerjaan, misalnya masih bocor atau ditemukan cacat akibat ketidak sempurnaan proses pengerjaan,  kita bisa komplain ke Aditeam dan akan mendapatkan garansi sesuai ketentuan yang diberlakukan.
Aditeam Peduli Memberi Solusi
Website : www.aditeam.co.id | Instagram : aditeam.official
Alasan utama dibukanya Pos Pelayanan Perbaikan dan Perawatan Rumah adalah karena Aditeam peduli. Peduli kepada pemasalahan yang ada dalam kehidupan berperadaban kita, dimana masih ada celah atau lubang. Peradaban kita belum dapat menjawab dengan baik atas munculnya permasalahan dalam perbaikan dan perawatan rumah. Sekarang celah atau lubang itu sudah mulai ditutup dengan dibukanya pos pertama Aditeam dan akan disusul pos-pos selanjutnya diberbagai tempat. Kepedulian Aditeam adalah kepedulian yang dilanjutkan dengan memberikan solusi. Solusi atas berbagai masalah yang dibutuhkan dalam perbaikan dan perawatan rumah yang antara lain :
  1. Perbaikan pada pekerjaan pasangan, dalam hal ini adalah pekerjaan dalam lingkup pekerjaan yang dibuat dengan perekat adukan/mortar/ campuran semen dan pasir. Baik pekerjaan dinding, lantai, beton bertulang, dll
  2. Perbaikan pada pekerjaan kayu, semisal kusen daun pintu dan jendela dan konstruksi kayu atau semua jenis pekerjaan berbahan kayu yang memerlukan keterampilan ketukangan kayu.
  3. Perbaikan dan pembuatan  meuble dan furniture
  4. Perbaikan dan pembuatan kerajinan besi
  5. Perbaikan dan pemasangan  sanitary dan plumbing
  6. Perbaikan dan segala jenis pekerjaan  cat dan finishing furniture
  7. Perbaikan listrik dan segala jenis pekerjaan listrik
  8. Cleaning dan pemasangan AC
  9. General cleaning dan special cleaning
  10. Jasa pengangkutan dan jasa pindahan
  11. Perawatan dan pembuatan taman
Sebelas lingkup kerja perbaikan dan perawatan yang ditawarkan adalah wahana bagi Aditeam untuk memberikan solusi yang jitu. Yaitu solusi yang berhasil, efektif menjawab persoalan dan mengatasi masalah sekaligus efisien dalam usaha dan biayanya. Solusi yang jitu itu didapat dan ditentukan oleh cara berfikir dan cara melihat persoalan, memerlukan  pengetahuan, keilmuan dibidangnya, keahlian dan keterampilan serta komitmen. Solusi jitu sulit didapat dari para tukang yang bekerja berdasarkan kebiasaan dari jaman dulu, hanya berdasarkan pengalaman yang dilakukan sebelumnya yang kadang tidak relevan lagi dengan situasi atau dengan kasus yang ada. Ditambah dengan perkiraan kita sendiri sebagai pemakai jasanya, dengan  upaya coba mencoba dengan pengetahuan yang dangkal seadanya yang didapat dari majalah dan internet. Peradaban kita memerlukan suatu tempat yang berisi orang orang yang berkompeten, dengan pengetahuan, keterampilan dan keahlian dibidanganya serta bersedia melayani dengan penuh komitmen memberikan solusi yang jitu dan hasil kerja yang berkualitas. Dari sinilah Aditeam menyediakannya melalui Pos Pelayanan dan Perbaikan Rumah.

Biaya, Nilai dan Harga Layanan Aditeam
Berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk perbaikan atau renovasi rumah kita?
Berapa biaya bayar tukang, berapa biaya beli bahan, biaya beli alat?
Berapa biaya transportasi kita kesana kemari, cari tukang, cari bahan, cari alat?
Lalu berapa banyak bahan yang tersisa kalau itu dirupiahkan? Untuk apa peralatan yang telah kita beli itu sekarang? Kalau dihitung berapa biaya untuk membayar gaji kita memonitor, mengawasi dan mengelola pekerjaan?
Kemudian berapa biaya yang kita keluarkan akibat kesalahan dan kelalaian kita dan tukang kita sehingga pekerjaan harus dibongkar dan dipasang kembali?
Banyak sekali komponen biaya dalam perbaikan atau renovasi rumah, besaran biaya tergantung pada usaha kita dan keberuntungan kita. Sebagian besar dari kita awam dan kurang pengalaman dibidang bangunan sehingga untuk memilih bahan yang tepat dan berkualitas, memperoleh harga yang murah serta tukang yang kompeten membutuhkan suatu keberuntungan yang besar.
Itu baru soal biaya, dan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan? hematkah?
Selanjutnya bagaimana mengenai nilai kualitas produk yang dihasilkan bersama para tukang kita? Sejauh mana kualitasnya? Kelihatan baik atau benar benar baik. Kualitas hasil pekerjaan perbaikan bangunan adalah nilai yang berkenaan dengan 4 hal antara lain, fungsi, kekuatan, ketahanan dan kerapihan/ penampilannya. Setelah semuanya itu sekarang kita coba berfikir ada tempat  yang dapat menggantikan  seluruh usaha, biaya, waktu dan tenaga yang kita keluarkan dengan suatu layanan yang menyediakan layanan yang mudah, pasti dan bergaransi dengan harga yang kompetitif, memberikan produk berkualitas dan layanan yang profesional. Inilah salah satu tujuan Pos pelayanan perbaikan dan perawatan rumah Aditeam dibuka. Aditeam mempunyai komitmen memberikan harga yang kompetitif. Kompetitif yang mengandung asas kewajaran, proporsional, reasonable. Aditeam berusaha memberikan harga jual dibawah dari nilai kualitas produk/hasil pekerjaan. Sifat kompetitif yang lain yaitu, untuk beberapa pekerjaan perbaikan atau pemasangan barang yang tipikal dalam 1 rumah, Aditeam akan memberi harga diskon  yang dapat diperoleh dari efisiensi penanganan dan pengerjaan. Misalnya dalam 1 rumah mengorder pemasangan 2 buah exhaust fan akan lebih murah harga perbuahnya dibanding apabila order 1 buah. Atau misalnya cleaning 1 buah AC perbuahnya lebih mahal dibanding cleaniang sekaligus 2 atau 3 AC dalam 1 rumah. Kemampuan memberikan harga murah didapat dari hasil  solusi yang jitu dan proses kerja yang efisien serta meningkatkan nilai tambah semaksimal mungkin.

Selamat mencoba dan membuktikan layanan Aditeam.


0 komentar:

Posting Komentar